Bagian Dapur yang Sering Dihuni Kuman

In Lifestyle 61 views

Pernah tidak kamu memikirkan berapa banyak kuman yang ada di dapur?

Meskipun digunakan sebagai tempat untuk mengolah makanan, tidak jarang dapur justru menjadi sarang kuman.

Bagian Dapur yang Sering Dihuni Kuman

Pasti kamu jadi berpikir ulang untuk membiarkan dapur kamu kotor, bukan?

Mulai dari pegangan lemari es hingga spons cuci piring, ternyata dapur bisa jadi tempat yang sangat strategis bagi kuman untuk berkembang biak.

Salah-salah, kamu justru mendapatkan penyakit karena tidak memperhatikan kebersihan dapur. Ini dia beberapa bagian dapur yang paling berkuman!

Apa saja Bagian Dapurnya?

1. Gagang lemari es

Tempat pertama yang banyak dihuni oleh kuman adalah gagang lemari es. Siapapun yang ingin membuka kulkas pasti memegang bagian yang satu ini.

Alhasil, kuman dan jamur bisa berpindah dari tangan ke gagang kulkas.

Mengerikan, ya!

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membersihkan gagang kulkas secara rutin. Selain itu, pastikan tangan dalam kondisi bersih ketika akan membuka lemari es.

2. Wastafel

Tempat untuk cuci tangan ini justru menjadi tempat tinggal para kuman!

Menurut penelitian dari NSF International, sebanyak 45 persen wastafel berpotensi dihuni oleh E. Coli dan bakteri koliform. Tentu saja kedua bakteri tersebut bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Mulai sekarang, jangan malas untuk membersihkan wastafel.

Gunakan cairan pembersih bakteri untuk melenyapkan semua bakteri yang bersarang.

3. Spons cuci piring

Bisakah kamu membayangkan betapa banyak kuman dan bakteri yang hidup dalam spons cuci piring di dapur?

Mungkin kamu sering mengabaikan kebersihan spons dan membiarkannya basah setiap waktu. Ternyata hal tersebut berpotensi membuat spons menjadi rumah bagi para kuman!

Untuk menghindarkan kamu dan keluarga dari bakteri berbahaya, sebaiknya rajin-rajinlah untuk membersihkan spons setiap digunakan. Pastikan juga spons dalam keadaan kering jika tidak digunakan.

4. Talenan

Salah satu lokasi yang menjadi favorit bagi kuman adalah talenan.

Alas ini memang sangat strategis bagi kuman untuk bersarang karena talenan sering digunakan untuk memotong bahan makanan. Talenan yang jarang dibersihkan sudah bisa dipastikan menjadi hunian bagi kuman yang mungkin berbahaya bagi kesehatan.

Selalu ingat untuk cuci talenan setiap selesai digunakan, ya.

5. Meja dapur

Meja dapur yang terlihat bersih belum tentu bebas kuman. Ada begitu banyak aktivitas yang dilakukan di atas meja, begitu pula banyak bahan makanan yang diletakkan disana.

Ini menjadi jalan bagi kuman untuk singgah di tempat tersebut.

Agar meja dapur kamu tetap bersih dan bebas kuman, pastikan untuk membersihkan meja dapur secara rutin. Gunakan cairan pembunuh bakteri agar tidak ada lagi kuman yang bersarang di bagian tersebut.

Selain meja dapur, area lain yang perlu diperhatikan yakni kitchen set minimalis Anda. Agar makin ciamik harus selalu bersih ya!

6. Lemari es

Jika kamu berpikir bahwa lemari es merupakan tempat yang bebas kuman, coba pikir lagi. Meskipun mempunyai suhu yang dingin, hal ini ternyata tidak mengecualikan kulkas dari tempat bersarangnya bakteri.

Kulkas justru merupakan tempat untuk menyimpan beragam makanan dan sayuran dari luar.

Tentu saja ini memungkinkan bakteri dan kuman untuk masuk secara langsung ke dalam lemari es.

Supaya kulkas kamu tidak terlihat jorok, bersihkan bagian dalam kulkas secara menyeluruh minimal satu bulan sekali. Selain itu, perhatikan juga kebersihan makanan atau sayuran yang akan dimasukkan ke dalam kulkas.

7. Blender

Cobalah sesekali untuk menengok bagian dalam blender kamu. Jika dilihat dengan mikroskop, pasti ada begitu banyak bakteri, kuman, dan jamur yang bersarang di dalamnya.

Hal ini dikarenakan blender memang menjadi tempat yang tepat untuk berkembang mikroorganisme tersebut.

Bersihkan blender sebelum dan setelah digunakan agar kamu terhindar dari bahaya kuman dan jamur yang bersarang.

Bagaimana? Mulai saat rajin-rajinlah menjaga area-area di atas. Bagaimanapun desain dapur anda, misalnya dapur minimalis, modern, atau sederhana. Kebersihan tetap nomor satu!

Jadi, masih mau bertahan dengan dapur yang jorok?

author
Author: 
    No related post!

    Top