Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

In Hewan, Referensi 93 views

Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat disukai oleh semua kalangan, baik orang dewasa maupun anak- anak. Saat ini banyak sekali jenis kelinci, ada jenis kelinci hias maupun kelinci pedaging. Namun banyak orang yang tidak mengetahui cara mebedakan kelinci jantan dan betina, sehingga mereka harus tanya terlebih dahulu kepada penjualnya saat membeli kelinci.

Kelinci sama halnya dengan binatang lainnya yaitu hidup berpasang- pasangan, ada yang jantan da nada juga yang betina. Namun bagi pemelihara kelinci yang masih pemula, mereka masih bingung bagaimana membedakan kelinci jantan dan betina. Sebab kelinci kalau dilihat secara sekilas antara kelinci jantan dan kelinci betina sama saja. Baik dari sisi tubuh, bulu dan juga warna.

Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

Sebenarnya membedakan jenis kelamin pada hewan peliharaan ini tidaklah sulit, karena Anda dapat melihat dari segi fisiknya dengan jeli dan teliti. Berikut ini beberapa perbedaan antara kelinci jantan dan betina:

1. Dilihat dari Ukuran Tubuhnya

Perbedaan pertama yang sangat mencolok terletak pada ukuran tubuhnya. Ukuran tubuh kelinci jantan lebih kecil dan ringan dibanding dengan kelinci betina. Namun cara membandingkannya harus dengan jenis kelinci yang sejenis, misalnya antara kelinci anggora jantan dengan anggora betina atau jenis kelinci yang lainnya. Yang pasti jangan membandingkan jenis kelinci yang berbeda.

2. Jenis Kelamin Kelinci Jantan dan Betina Berbeda

Perbedaan antara kelinci jantan dan betina terletak pada jenis kelaminnya. Cara ini merupakan yang termudah untuk membedakan antara kelinci jantan dan betina. Namun untuk mengetahui jenis kelaminnya, maka Anda harus menggendong kelinci tersebut seperti menggendong bayi, kemudian perhatikan di sekitar anus.

Jika pada kelinci tersebut terdapat 2 benjolan atau testikel berarti sudah dipastikan bahwa kelinci itu jatan. Namun sebaliknya jika tidak ada 2 benjolan tersebut atau rata makan kelinci itu sudah pasti betina. Selain itu, Anda juga dapat melihat jaraknya antara anus dan alat kelamin, jika letaknya berjauhan maka kelinci itu jantan dan jika berdekatan maka kelinci tersebut betina.

Nah, sekarang bagaimana cara membedakan kelinci jantan dan betina jika usianya masih kecil dan belum begitu terlihat pada bagian alat kelamin? Kadang- kadang ke dua bola atau testikel tersebut tidak begitu jelas seperti pada kelinci dewasa.

Anda dapat melihat dibagian atas anusnya akan terlihat 2 bola kecil atau testikel yang jaraknya berjauhan jika kelinci itu jantan. Jika kelinci itu betina, maka alat kelamin rata dan memiliki lubang dan jaraknya lebih dekat dengan vagina.

3. Pergerakan antara Kelinci Jantan Dan Betina juga Berbeda

Apabila sebelumnya kita melihat dari segi fisik kelinci, sekarang kita lihat dari segi karakteristiknya. Kelinci jantan akan lebih agresif baik di dalam atau di luar kandang. Sedangkan kelinci betina lebih pendiam saat di luar kandang, namun dia akan lebih agresif saat hamil atau menyusui.

author
Author: 
    Trik Aman Berkendara dengan Kursi Boncengan Anak Depan Motor Matic
    Trik Aman Berkendara dengan Kursi Boncengan Anak Depan Motor Matic
    Cara terbaik untuk memulai berkendara dengan benar
    Pengertian dari Sablon
    Pengertian dari Sablon
    Pengertian sablon memang belum semua masyarakat mengetahui

    Top