Manfaat Susu Kedelai

In Kesehatan 30 views

Manfaat Susu Kedelai

Kacang kedelai merupakan keluarga legume yang sangat populer dikalangan Vegetarian karena merupakan sumber protein pengganti daging. Susu kedelai merupakan hasil ekstraksi dari kacang kedelai, banyak orang yang memiliki konsumsi susu kedelai dibanding susu sapi karena rendah lemak dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat susu kedelai untuk kesehatan?.

Kandungan protein dan vitamin yang terdapat dalam susu kedelai berperan aktif dalam membantu menurunkan risiko penyakit yang disebabkan oleh kolesterol, kanker, obesitas, meringankan gejala menopause dan risiko penyakit kardiovaskular. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu kedelai memiliki kandungan protein yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan manusia. Protein terbentuk dari asam amino yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan asam amino dan isoflavone dalam susu kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh ANda, dalam sebuah penelitian menyebutkan konsumsi susu kedelai dapat menurunkan serum kolesterol karena faktor isoflavonenya.

Susu kedelai juga baik untuk dikonsumsi pasien diabetes, mereka yang mengonsumsi susu kedelai umumnya memiliki masalah hipertensi yang lebih rendah daripada yang tidak. Hal ini dapat menghindarkan mereka dari risiko penyakit jantung.

2. Meringankan Gejala Menoupause

Susu kedelai juga bermanfaat untuk mengatasi gejala-gejala menopause pada wanita lanjut usia. Sebuah penelitian menyebutkan kandungan isoflavone dari produk olahan kedelai ini dapat mengatur kadar hormon estrogen pada wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Konsumsi susu kedelai secara rutin dapat mengurangi gejala-gejala menopause salah satunya adalah kepanasan dan masalah kesehatan mental yang dipengaruhi berkurangnya level hormon estrogen dalam tubuh wanita.

Selain itu, efek antioksidan dalam susu ini juga berperan dalam mencegah risiko penyakit kronis yang berkaitan dengan kardiovaskular seperti hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

3. Mencegah Osteoporosis

Salah satu masalah wanita lanjut usia adalah berkurangnya kepadatan dan kekuatan tulang atau lazim disebut osteoporosis. Osteoporosis merupakan masalah hilangnya kalsium pada tulang dan berisiko menyebabkan masalah kesehatan serius.

Konsumsi susu kedelai dapat membantu mencegah osteoporosis, hal ini dikarenakan protein nabati yang dimiliki susu ini tidak menyebabkan peningkatkan kalsium yang terbuang melalui urine. Selain itu, kini susu kedelai telah difortikasi dengan kandungan kalsium sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalsium pada mereka yang berusia lanjut.

Selain itu, kandungan isoflavone merupakan pengganti hormon alami yang dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang serta mencegah risiko patah tulang pada wanita lanjut usia.

4. Mencegah Kanker

Konsumsi susu kedelai dapat mengurangi serum kadar hormon estrogen dan mengurangi risiko kanker payudara. Kanker payudara merupakan jenis kanker yang umum dialami oleh wanita dan kadar hormon estrogen mempengaruhi jenis kanker ini. Terutama, pada wanita lanjut usia yang umumnya berisiko tinggi mengalami risiko kanker payudara. Untuk itu, ada baiknya mulailah rutin mengonsumsi susu kedelai setiap hari.

Namun, bukan berarti pria tidak perlu mengonsumsi susu kedelai. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa susu kedelai juga berperan dalam menurunkan risiko kanker prostate.

5. Antioksidan

Antioksidan yang dihasilkan dari isoflavone berperan dalam mencegah beragam penyakit kronis. Antioksidan dalam produk kedelai dapat menurunkan oxidatif stress dan kerusakan sel-sel karena radikal bebas.

Oxidative stress dapat menyebabkan kerusakan liver bila tidak segera diatasi. Oleh karena itu, rutinlah mengonsumsi susu kedelai dalam menu harian Anda.

Efek Samping Susu Kedelai

Disamping manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh, terdapat orang-orang dengan kondisi tertentu yang sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi susu kedelai. Yang pertama adalah pasien kanker payudara, susu kedelai memiliki struktur kimia yang sama dengan hormon estrogen sehingga bagi mereka yang memiliki penyakit kanker payudara sebaiknya menghindari produk kedelai.

Kedua, wanita yang sedang dalam program hamil. Produk kedelai termasuk susu kedelai merupakan pantangan program hamil. Hal ini dikarenakan susu kedelai dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat mengganggu masa subur wanita.

Ketiga, orang yang alergi terhadap kedelai. Bila Anda memiliki alergi terhadap kedelai sebaiknya hindari konsumsi susu kedelai dan produk kedelai lainnya karena reaksi alergi dapat membahayakan kesehatan Anda.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Susus Kedelai dan Efek Sampingnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

author
Author: 
    Manfaat Telur
    Manfaat Telur
    Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi telur merupakan
    Makanan untuk Kesehatan Kulit
    Makanan untuk Kesehatan Kulit
    Kita mengetahui bahwa jenis makanan berlemak merupakan
    Manfaat Minyak Zaitun
    Manfaat Minyak Zaitun
    Minyak Zaitun merupakan minyak yang berasal dari
    Pola Makan
    Pola Makan
    Di zaman modern ini, makanan sudah banyak

    Top